Penerapan Inkuiri Apresiatif ( Model BAGJA) by. Sumiati, S.Pd.

  

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL-MENERAPKAN INKUIRI APRESIATIF

 

PRAKARSA

PERUBAHAN

STRATEGI PENGENALAN KEKUATAN DAN POTENSI MURID

Tahapan

Pertanyaan

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

B-uat pertanyaan (Define)

-   Bagaimana antusias belajar atau minat, bakat dan tingkat pemahaman  murid terhadap pelajaran?  

-   Apa yang wajib saya lakukan untuk mengetahui minat, bakat, dan tingkat pemahaman  murid?  

-     Mencari informasi pada orang tua dan masyarakat lingkungan sekitar

-     Melakukan Tanya jawab langsung pada murid yang bersangkutan

-     Mengisi lembar observasi saat melakasnakan kegiatan pembelajaran.

A-mbil pelajaran (Discover)

-     Berapa banyak murid yang antusias dalam belajar dan memperoleh pemahaman yang baik dalam proses pembelajaran.

-      Seperti apa aset utama dan aset pendukung yang bisa saya gunakan untuk meningkatkan antusias murid dalam proses pembelajaran sehingga pemahaman dalam belajar bisa maksimal

-       Mendata jumlah murid yang antusias dalam belajar dan memperoleh pemahaman yang baik dalam proses pembelajaran

-      Mengidentifikasi aset utama dan pendukung yang dapat di gunakan untuk meningkatkan antusias murid dalam proses pembelajaran sehingga pemahaman dalam belajar bisa maksimal

 

G-ali mimpi (Dream)

-      Model pembelajaran apa yang akan saya lakukan agar murid dapat  antusias dalam proses pembelajaran sehingga pemahaman dalam belajar bisa maksimal

-       Apa aset pendukung yang tersedia yang saya bayangkan akan mempertahankan antusias murid dalam proses pembelajaran sehingga pemahaman dalam belajar bisa maksimal

-       Membuat media yang menarik bagi murid kelas 1 dan menggunakan video pembelajaran yang bisa meningkatkan antusias mereka dalam belajar.

-     Memajang daftar aset utama dan aset pendukung yang bisa mempertahankan antusias murid dalam proses pembelajaran sehingga pemahaman dalam belajar bisa maksimal

 

J-abarkan rencana (Design)

-       Model pembelajaran apa yang dapat membuat murid memberikan respon positif, aktif, dan meningkatkan hasil belajarnya?

-       Bagaimana mengetahui respon, keaktifan, dan peningkatan hasil belajar murid?

-       Bagaimana mengelola kekuatan dari setiap aset pendukung yang ada di sekolah?

-       Menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan “ Belajar sambal Bermain” dengan menggunakan Media gambar dan Video pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi murid

-       Membuat daftar atau tabel tentang respon, keaktifan, dan hasil belajaar murid.

A-tur eksekusi (Deliver)

-       Siapa saja yang akan saya libatkan dalam rencana penerapan model pembelajaran “ Belajar sambal Bermain” pada kegiatan pembelajaran? Apa perannya?

-       Kapan rencana ini akan saya laksanakan?

-       Siapa yang dapat memantau pelaksanaan rencana ini?

-       Bagaimana pencatatan kemajuan dari respon, keaktifan, dan hasil belajar murid?

-       Siapa yang akan saya tempati curhat jika ada kendala dalam pelaksanaan rencana ini?

-       Mengajak rekan guru sebagai mitra

-       Membuat jadwal pelaksanaan berdasarkan jadwal jam mengajar

-       Meminta guru senior untuk memantau kegiatan penerapan model pembelajaran “ Belajar sambal Bermain” di kelas.

-       Membuat tabel kemajuan pelaksanaan  penerapan model pembelajaran “Belajar sambal Bermain” di kelas.

-       Meminta kesediaan pengawas pembina menjadi mentor atau tempat curhat jika ada kendala yang dialami saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan model “ Belajar sambal Bermain”.

 

 

 

0 Comments:

Post a Comment